Tentang Kami

Nama JalaStoria berasal dari kombinasi dua kata: Jala yang merupakan akar kata untuk verba menjala, yang berarti menjaring atau menangkap, dan Storia yang merupakan alternatif pengucapan untuk nomina stori yang berarti cerita.

Semangat yang ingin disampaikan dari penamaan ini adalah agar JalaStoria.id menjadi platform media digital yang kolaboratif-interaktif. Dalam pengertian bahwa cerita dan informasi yang tersaji tidak melulu berasal dari redaksi tetapi juga dari khalayak pembaca.

Upaya menangkap cerita ini juga sekaligus merupakan ikhtiar JalaStoria.id dalam meredakan tekanan atas aneka persoalan yang mendera perempuan dan anak lewat penayangan serangkaian cerita mereka, serta untuk berpartisipasi aktif dalam upaya penghapusan diskriminasi berbasis gender dengan menyebarluaskan informasi dan cerita yang mendukung massifikasi upaya tersebut di dunia nyata.

Kami meyakini persoalan diskriminasi berbasis gender, sedikit-banyak, dapat diurai melalui pendekatan berbagi cerita (sharing). Dengan berbagi cerita, seseorang yang tengah terlilit persoalan dapat sejenak merasakan kelegaan akibat dari pelepasan beban yang menekannya.

Melalui sharing itu juga, khalayak pembaca yang memiliki persoalan serupa dapat seketika tersadar akan kesamaan nasib yang mungkin saja bisa turut sejenak melegakan perasaan hati mereka. Sebab kami percaya Sharing is Caring.

Tentu saja, siapapun dapat menyampaikan cerita seputar persoalan diskriminasi berbasis gender dalam aneka isu yang melingkupinya. Tidak hanya mereka yang menjadi korban atas suatu persoalan yang bisa menyampaikan cerita ke JalaStoria tetapi juga mereka yang mengetahui atau menjadi saksi atas suatu peristiwa diskriminasi berbasis gender termasuk yang menjadikan perempuan dan anak sebagai korbannya.

Atas dasar itu, JalaStoria.id mengundang para pakar, pendidik, masyarakat sipil, pegiat isu perempuan dan anak, penyintas serta masyarakat umum untuk ikut menyampaikan cerita, informasi, ide, dan gagasan mengenai persoalan diskriminasi berbasis gender.

Dari upaya berbagi cerita, informasi, ide, dan gagasan itu, kami berharap akan terciptanya kolaborasi dan interaksi yang baik antara redaksi dan khalayak. Dengan begitu, sebuah platform media yang lebih bermanfaat bagi khalayak akan sungguh tercipta.

Ikhtiar ini juga merupakan usaha JalaStoria.id untuk memberikan kontribusi positif dan signifikan dalam mengurai aneka persoalan terkait diskriminasi berbasis gender khususnya yang membelit hidup perempuan dan anak.

Meski begitu, setiap konten yang berasal dari masyarakat tidak serta-merta tayang di laman platform. Dengan memaksimalkan peran para editor selaku penjaga narasi (gate keeper), setiap tulisan yang hadir di tengah khalayak adalah produk akhir pasca-moderasi para editor.

Dengan begitu, kami berharap setiap tulisan yang terpampang dalam laman platform dapat terhindar dari pelbagai jenis pelanggaran hukum yang berlaku di Indonesia. Selain, tentu saja, kehadiran para editor selaku penjaga narasi bertujuan agar setiap konten bisa dibaca secara nyaman dan memuat aneka cerita yang sarat makna.

Download Profil JalaStoria Indonesia 2020