Kirim Tulisan

Dukung Kami dengan Kiriman Cerita dan Informasi tentang Diskriminasi Berbasis Gender

JalaStoria.id mengundang para pakar, pendidik, masyarakat sipil, pegiat isu perempuan dan anak, penyintas, serta masyarakat umum untuk ikut menyampaikan cerita, informasi, ide, dan gagasan mengenai persoalan diskriminasi berbasis gender.

Kami menyediakan pelbagai kategori cerita, informasi, ide, dan gagasan, baik dalam bentuk penyajian yang panjang maupun pendek, dalam berbagai rubrik yang tersedia:

  1. Storimini. Informasi dan cerita mengenai persoalan diskriminasi berbasis gender baik yang dialami sendiri atau diketahui berdasarkan kisah nyata, agar pembaca dapat mengambil hikmah dari suatu peristiwa atau tindakan inspiratif dan aksi nyata untuk mencegah kejadian serupa dan mengulurkan bantuan apabila menemukan hal itu terjadi.
  2. Perspektif. Merupakan ide, gagasan, atau pendapat penulis yang terkait dengan persoalan diskriminasi berbasis gender dalam segala bidang kehidupan.
  3. Ragam. Informasi mengenai suatu kegiatan atau peristiwa yang terkait dengan pemberdayaan perempuan dan penghapusan diskriminasi berbasis gender yang disajikan berupa feature.
  4. Sosok. Mengupas profil seseorang yang berkiprah dalam gerakan pemberdayaan perempuan dan anak, atau profil perempuan yang aktif dalam gerakan baik yang terhubung dengan persoalan diskriminasi berbasis gender maupun dengan persoalan hak asasi manusia pada umumnya.
  5. Telaah. Kami menyediakan kanal Telaah Hukum, Telaah Riset, Telaah Film, dan Telaah Buku. Rubrik ini disediakan bagi tulisan yang berintikan topik tertentu dalam bidang hukum, penelitian yang relevan, atau tinjauan terhadap karya berupa film dan buku.
  6. Mitra. Mengupas profil lembaga penyedia layanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan, baik yang berbasis komunitas maupun yang dibentuk oleh pemerintah. Rubrik ini sekaligus merupakan ikhtiar JalaStoria.id untuk mendekatkan bantuan kepada korban khususnya perempuan dan anak.

Secara umum, panjang tulisan diharapkan tidak kurang dari 500 kata dan tidak melebihi 1200 kata. Tulisan agar dikirimkan dalam file word dengan menggunakan huruf Arial ukuran 11 pt. Penyampaian tulisan agar disampaikan melalui surat elektronik (email) jalastoria@gmail.com. Setiap penulis dipersilahkan mengirimkan juga foto atau ilustrasi dengan ukuran 2560×2560 pixels dengan menuliskan sumbernya. Selain itu, mohon menuliskan nama lengkap dan profil singkat dalam 1 (satu) baris di akhir tulisan yang menggambarkan sosok penulis.

Kami sangat mengapresiasi partisipasi setiap penulis dalam laman JalaStoria.id. Oleh karena itu, sejak April 2021, kami menyediakan ungkapan apresiasi atas tulisan yang tampil di portal ini. Tentu dari sisi jumlah, tidak seberapa, namun kira-kira cukuplah untuk membeli menu kegemaran atau sekedar minum kopi. Silahkan sertakan CV dalam attachment dan informasi nomor rekening di badan email. Apabila ketentuan ini tidak dipenuhi, kami anggap penulis mengirimkan tulisan secara sukarela ya…

Kami meyakini, setiap cerita, informasi, ide, dan gagasan yang tersaji diĀ  JalaStoria.id akan sangat bermanfaat untuk penghapusan diskriminasi berbasis gender pada umumnya dan untuk pemberdayaan perempuan dan anak pada khususnya.[]