Hosting Unlimited Indonesia

Bermedsos Sambil Nambah Ilmu tentang Isu Perempuan? Ini 5 Rekomendasinya

 Bermedsos Sambil Nambah Ilmu tentang Isu Perempuan? Ini 5 Rekomendasinya

Ilustrasi (JalaStoria.id)

Selama berkegiatan #DiRumahAJa intensitas penggunaan smartphone semakin meningkat. Selain untuk order makanan, bercengkrama di WhatsApp, sampai sekadar scroll-scroll time line di sosial media bisa jadi cara ampuh untuk mengatasi kebosanan. Eits, tapi jangan sampai kegiatan-kegiatan tersebut mengganggu kegiatan #WorkFromHome atau #StudyFromHome kamu, ya!

Berikut kami rekomendasikan 5 akun di sosial media yang bisa menemani kamu menjelajah dunia maya selama #DiRumahAja. Akun-akun ini bisa menambah khasanah pengetahuan kamu tentang isu-isu perempuan, loh! Yuk, simak di bawah ini.

  1. tabu.id

Akun ini bisa ditemui di Instagram dengan pencarian @tabu.id. Akun ini berusaha menciptakan ruang belajar tentang kesehatan seksual dan reproduksi untuk anak muda Indonesia. Hal itu sejalan dengan visinya untuk mencapai masyarakat Indonesia yang terbuka dan paham mengenai kesehatan seksual dan reproduksi. Jadi, hal-hal tersebut yang biasanya dianggap tabu, menjadi layak diketahui sebagai pengetahuan bersama.

Kamu bisa belajar mengenai pendidikan seks, topik-topik tentang menstruasi, bagaimana kamu mengenali organ-organ reproduksi kamu dan lawan jenis, pubertas dini, penyakit-penyakit seksual, dan topik terbaru yang diangkat @tabu.id mengenai Pelecehan Seksual Online. Di highlight terbarunya juga mengupas tentang Boleh Ga Sih Seks Selagi #Covid19?

Penasaran? Langsung intip ke IG-nya, ya!

Penyampaian informasi dengan tampilan visual model flat design menjadi ciri khas dan keunikan bagi @tabu.id. Didukung pula dengan grafik-grafik yang memudahkan pembaca dan memahami konten beritanya. Pengemasan secara apik ini terbukti dengan jumlah followernya 82.9k! Postingan pertamanya dimulai pada 26 Februari 2018 dan hingga kini berjumlah 841 kiriman.

 

  1. qbukatabu

Akun ini bisa ditemui di Instagram @qbkatabu dan website di qbukatabu.org. Kamu bisa belajar banyak mengenai pengetahuan tentang seksualitas berbasis queer dan feminisme. Sesuai namanya Qbukatabu yang berarti ‘aku buka tabu’, sebagai upaya merebut ruang yang dianggap tabu oleh masyarakat.

Menariknya, mereka membuka layanan konseling yang ramah berbasis queer dan feminisme. Selama masa #Covid19 dan bulan Ramadan, teman-teman bisa berbagi cerita dan pengalaman, sampai curhat-curhat di nomor WhatsApp 0853-1436-4048. Atau bisa juga via email ke bukalayanan@protonmail.com. #BukaLayanan menyimpan ceritamu menjadi rahasia hanya berdua. Yuk, berbagi kisahmu!

Postingan pertamanya pada 17 Mei 2017 bertepatan pada International Day Against Homophobia, Biphobia, dan Transphobia. Sepanjang rentang waktu tersebut, total kiriman mencapai 210 dan follower mencapai 1.730.

Qbukatabu lagi mengadakan #LombaNulisSahkanRUUPKS, loh! Event ini dalam rangka memeriahkan ulang tahunnya yang ke-3 dan mendorong #SahkanRUUPenghapusanKekerasanSeksual. Info lebih lanjut mengenai tema, kriteria, dan ketentuannya bisa kamu cek di https://qbukatabu.org/2020/04/07/lomba-menulis-qbukatabu/. Eitsss, walaupun kamu berkarya #DiRumahAja, ikutan lomba ini ada hadiahnya dan semua tulisan dari para juara akan dimuat di website qbukatabu.org.

Untuk teman-teman yang jago desain, ada juga nih #SayembaraLogoBukaLayanan. Periode pengiriman dari 2 April – 1 Mei 2020 pukul 23.59 WIB. Cek info lengkapnya di https://qbukatabu.org/2020/04/01/sayembara-logo-buka-layanan/.

 

  1. Indonesia Feminis

Akun @indonesiafeminis bisa ditemui di Instagram dengan jumlah follower sebanyak 71.1k dan total postingan 4.654 kiriman saat naskah ini ditulis. Tak berlebihan rasanya jika akun ini menjadi rujukan diskusi-diskusi karena selalu ter-update menginformasikan berbagai problem dan kasus. Indonesia Feminis konsisten dalam mempromosikan dan mengutamakan keberagaman seksualitas, gender, serta kesadaran kelas.

Selama #DiRumahAja, kamu bisa mengikuti berbagai webinar, live Instagram, hingga diskusi online dari berbagai penjuru Indonesia yang di-share oleh Indonesia Feminis. Kekuatan jejaring mereka bisa membuka cakrawala teman-teman terutama mengenai kasus-kasus kekerasan seksual yang bisa terjadi oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

 

  1. _perEMPUan_

Akun @_perEMPUan_ menjadi kanal berbagi informasi mengenai cara mencegah dan menangani kekerasan seksual, baik yang terjadi di tempat publik maupun di kendaraan umum. Mulai bergabung di Instagram pada 25 Oktober 2016 dengan postingan awal-awalnya me-repost akun-akun terkait. Sepanjang rentang waktu tersebut, total postingan sudah mencapai 515 kiriman, dengan total follower hingga hari ini berjumlah 8.980.

Teman-teman bisa mengunduh booklet Panduan Pencegahan Pelecehan Seksual di Tempat dan Kendaraan Umum, melalui tautan yang ada di bio IG mereka. Yuk, download dan berbagi ke teman-teman lainnya!

 

  1. Jakarta Feminist

Akun IG mereka bisa kamu cari di @jakartafeminist dengan follower yang sudah mencapai 11.3k. Akun ini merupakan perkumpulan lintas feminis Jakarta dan merupakan jaringan feminis yang ada di Jakarta. Kamu warga Jakarta tapi belum follow mereka? Aduhhh~

Jakarta Feminist juga merupakan pengurus dari @womenmarchjkt yang memobilisasi aksi-aksi perempuan melalui kegiatan di lapangan.

Kamu punya acara dan butuh promosi? Jakarta Feminist bisa membantumu. Intip yuk tautannya di bio IG mereka!

 

Nah, segera ya buka akun IG kamu dan follow kelima akun IG tersebut. Dijamin kamu ga akan rugi kuota karena mereka layak banget jadi referensimu di dunia maya.

Ssst, selain yang 5 ini, masih ada lho rekomendasi JalaStoria.id untuk akun media sosial mana aja yang layak kamu follow.  Ini supaya kamu makin jago dalam mengembangkan kepedulian terhadap perempuan korban kekerasan dan menjadikan pribadi yang pro dengan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan. Nantikan ulasan kami selanjutnya ya!

 

Vera Fauziah

JalaStoria membuka ruang konsultasi bagi pihak-pihak yang hendak berkonsultasi terkait perempuan dan anak


Hosting Unlimited Indonesia